Sunday, September 7, 2014

Resep Obat Tradisional Cacar Air Dengan Daun Cangkring

Obat Tradisional Cacar Air Dengan Daun Cangkring yang akan kami ulas di sini adalah benar benar tradisional turun temurun dari orang orang terdahulu kami,dengan memanfaatkan tumbuh tumbuhan di sekitarnya untuk pengobatan.

Hampir semua orang mengalami sakit cacar air biasanya di alami anak anak atau usia remaja,sebenarnya tidak begitu berbahaya,namun apabila tidak di obati dengan tepat bekas luka akibat cacar air tidak bisa hilang,apalagi luka yang di sekitar wajah akan membekas.

Untuk itu pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang Obat Tradisional Cacar Air Dengan Daun Cangkring untuk menambah pengetahuan kita tentang beraneka ragamnya obat tradisional yang kita warisi dari para leluhur kita.

Menurut cerita yang pernah saya dengar sejak dulu waktu saya masih kecil,semua orang pasti mengalami sakit cacar air seumur hidup sekali,dan saya perhatikan memang demikian,saya sendiri pernah mengalami sakit cacar air waktu usia kelas 5 SD,anak anak saya juga sudah pernah mengalami sakit cacar air.

Daun cangkring/pohon cangkring di tempat tinggal saya biasa tumbuh di pinggir sungai,daunnya hijau sebesar daun rambutan, batangnya berduri agak kemerahan seperti terlihat pada foto/gambar di atas,


Untuk mengobati cacar air caranya ambil daun cangkring 2 batang kemudian di rebus dengan air 3ltr dan di campur dengan garam dapur 3 sendok makan,setelah mendidih campurkan dengan air biasa kira kira sampai air menjadi hangat kemudian untuk mandi,kalau bisa misalnya anaknya masih kecil air campuran rebusan daun cangkring tadi untuk berendam/kungkum.

Lakukan cara ini 2x sehari selama 3hari atau sampai sembuh ,insa alloh bekas cacar air tidak membekas dan sakitnya cepat sembuh.
Di bawah ini batang pohon cangkring yang banyak durinya yang tajam


Keberadaan daun cangkring ini saya kurang tahu apakah tersebar dimana mana,atau hanya di sekitar saya,yang saya tahu pohon cangkring ini banyak tumbuh di pinggir sungai sekitar saya.

Sampai sekarang Obat Tradisional CacarAir Dengan Daun Cangkring ini masih dipakai oleh masyarakat sekitar saya ketika anaknya menderita cacar air terutama masyarakat pribumi,karena tumbuhan ini di daerah saya juga masih mudah di temukan di pinggir pinggir sungai,kalau jaman dulu semua menggunakan obat ini karena fasilitas kesehatan belum banyak seperti saat ini.

Kalau di sekitar anda susah di dapati daun cangkring anda bisa menggantinya dengan daun sirih,karena daun sirih juga termasuh anti septik alami yang bagus,caranya sama di rebus dengan air 3ltr dan di tambah garam 3sendok teh kemudian di campur dengan air biasa dan di gunakan untuk berendam atau untuk mandi.

Demikian artikel saya yang singkat ini dan mudah mudahan tulisan saya tentang Obat Tradisional Cacar Air Dengan Daun Cangkring  ini bermanfaat bagi kita semua terima kasih dan wassalam.