Thursday, September 25, 2014

Manfaat /Kasiyat Daun Putri Malu Sebagai Obat Tradisional


Putri malu adalah nama yang cocok untuk tumbuhan ini karen ketika di sentuh daunya mingkup/malu ternyata di balik namanya banyak  Manfaat /Kasiyat Daun Putri Malu Sebagai Obat Tradisional.


Di sekitar kita banyak tumbuhan putri malu,biasanya tumbuh di lahan kosong ,tanah lapang/lapangan sepak bola, di pinggir pinggir kali juga di pinggir jalan,tumbuhan yang bernama putri malu ini memang sesuai dengan namanya tumbuhnya menjalar di tanah,daun,bunga dan buahnya agak mirip lamtoro tapi kecil bila di sentuh daunya mingkup setelah beberapa saat sedikit demi sedikit mekar kembali.

Batang putri malu ada yang kemerahan seperti terlihat pada gambar di samping,tapi ada juga yang hijau,namun manfaat dan kasiyatnya sama,jadi semua bisa di gunakan untuk obat tradisional.

Daun yang mirip dengan putri malu sebenarnya banyak tapi cukup mudah untuk membedakanya yaitu dengan cara di sentuh,apa bila daunmingkup ketika di sentuk berarti daun putri malu,kalau di sentuh tidak mingkup meskipun persis berarti bukan daun putri malu

Pada kesempatan ini akan saya ulas tentang Manfaat daun Putri Malu Untuk Obat Tradisional yang bisa menyembuhkan bermacam macam penyakit.



Manfaat Daun Putri Malu Untuk Obat Tradisional antara lain ;untuk mengobati bronkitis caranya cukup mudah ambil daun putri malu 1 genggam kurang lebih 50gr lalu di rebus dengan 5 gelas air kemudian sisakan air rebusan tadi tinggal setengah nya kemudian di minum 2x pagi sore,lakukan cara ini beberapa hari untuk hasil yang maksimal.

Daun putri malu untuk mengobati herpes caranya ambil daun putri malu secukupnya lalu di tumbuk sampai halus,kemudian di tempelkan pada tempat yang sakit.


Untuk mengobati batuk berdahak caranya yang kita manfaatkan akarnya yaitu ;ambil akar daun putri malu secukupnya kira kira satu genggaman lau di rebus dengn air 5gelas air lalu di dinginkan dan di minum 2x sehari.


Untuk mengobati isomnia gangguan sulit tidur caranya adalah ambil daun putri malu secukupnya lalu di rebus dan air rebusan di minum 2x pagi dan menjelang tidur,lakukan sampai isomnia hilang biasanya prosesnya cukupcepat.

Daun Putri malu juga bisa untuk menghancurkan kencing batu caranya juga sama di rebus dan di tambah daun kumis kucing lalu di minum,untuk daun kumis kucing saat ini sudah agak sulit di temukan di daerah saya,mungkin di daerah lain masih ada .

Dengan mengkonsumsi dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan keracunan dan muntah muntah,ramuan  dengan daun putri malu ini kadang sengaja di gunakan untuk membuat orang yang keracunan supaya bisa cepat muntah.

Untuk mengobati hepatitis caranya ;ambil 10gr daun putri malu kemudian di rebus dengan air 200ml sampai mendidih lalu air rebusan tadi di minum 2x sehari selama beberapa hari.

Perhatian!!!!! bagi ibu hamil tidak di anjurkan mengkonsumsi obat tradisional dengan bahan tumbuhan putri malu karena bisa berbahaya untuk janinnya/bisa mengakibatkan keguguran.

Demikian ulasan singkat saya tentang Manfaat /Kasiyat Daun Putri Malu Sebagai Obat Tradisional,mudah mudahan bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.