Wednesday, September 17, 2014

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan/Obat Tradisional

Banyak sekali Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan/Obat Tradisional yang bisa  menjaga kesehatan kita,entah berapa banyak daun kemangi yang di konsumsi manusia setiap harinya coba anda bayangkan hampir semua warung lesehan seperti pecel lele ayam bakar,ayam goreng dan menu masakan lain yang lalapannya menggunakan daun kemangi,itu baru satu manfaat saja, masih banyak lagi manfaat daun kemangi yang lain.

Tumbuhan ini mudah di tanam bahkan di tempat terbuka seperti pekarangan kosong bisa di penuhi tanam an ini secara liar karena mudahnya tumbuh tanaman ini,daunya agak kasap dengan aroma harum kas daun kemangi,tetapi ternyata tidak banyak orang yang menyukai daun kemangi ini,untuk itu disini saya akan ulas tentang beberapa Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan/Obat Tradisional.

Dengan begitu kita tahu lebih banyak manfaatnya daun kemangi sehingga bisa lebih menyukai daun kemangi sebagai lalapan,karena tahu manfaatnya,kadang ketika makan di warung lesehan ada sebagian yang menggunakan daun kemangi untuk cuci tangan,bukanya jadi lalapan,itupun juga ada manfaatnya tangan jadi tidak amis di cuci dengan daun kemangi,tapi kan ada manfaat yang lebih besar lagi untuk kesehatan.


Untuk bedak bayi/balita yang mulai mau jalan caranya ambil daun kemangi secukupnya kemudian di remas remas lalu diusapkan pada kaki bayi yang mulai mau jalan sambil di pijit pijit,tujuanya agar bayi tadi cepat bisa jalan dengan hangatnya daun kemangi yang di oleskan sambil di pijit insa alloh bayi cepat jalan

Kalau tradisi orang jawa yang kuno cara mengambilnya daun kemangi harus mencuri punya orang lain misalnya di pasar ngambil dagangan orang lain tapi tidak minta atau membeli,jadi langsung ambil dan pergi,biasanya sang penjualpun sudah tanggap wah ini untuk bedakan kaki bayi biar cepat jalan,jadi mereka juga diam saja nggak marah marah atau teriak maling maling karena sudah tahu sama tahu.

Tapi kurang tahu juga kalau penjualnya bukan orang jawa/jawa tengah,maka kalau mau mencuri daun kemangi untuk anaknya lihat dulu ya "penjualnya orang jawa bukan".atau ngambil di tempat saya saja, nanti saya pura pura tidak tahu.he..he...

Tetapi cerita di atas saya kira mitos saja karena orang dulu suka menghubungkan sesuatu,jadi sebenarnya karena kandungan zat yang terdapat pada Daun Kemangi Ini yang bisa menguatkan tulang,namun jika anda ingin praktik seperti cerita di atas juga tidak ada salahnya asal lihat dulu penjualnya jangan sampai gara gara mencuri daun kemangi malah di teriaki "maling".

Kandungan antioksidan dan plafonoid bisa membantu tubuh untuk mencegah radikal bebas dan menghambat tumbuhnya jamur dan virus yang merugikan bagi tubuh kita.

Dalam daun kemangi juga terdapat zat yang bisa membantu pertumbuhan tulang juga bisa mencegah pengeroposan tulang,jadi sangat baik di konsumsi agar terhindar dari osteoporosis.

Selain yang tersebut di atas Daun Kemangi juga memiliki kandungan nutrisi atau zat untuk sistem kekebalan tubuh,mencegah kemandulan,juga bisa untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh,jadi memang banyak sekali ManfaatDaun Kemangi Untuk Kesehatan/Obat Tradisional untuk itu daun ini bisa di jadikan tanaman alternatif dengan harganya yang sangat murah dan sangat mudah menanamnya.

Cara mengkonsumsinya adalah langsung untuk lalapan atau bisa di tambahi sayuran lain untuk membuat urapan atau gudangan(bahasa jawa tengah)dengan bumbu parutan kelapa muda,kiranya sampai di sini dulu artikel saya tentang Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan/Obat Tradisional mudah mudahan bermanfaat dan terima kasih