Friday, September 19, 2014

Manfaat Daun Mindi Untuk Obat Tradisional


Manfaat Daun Mindi Untuk Obat Tradisional pada jaman dahulu sangat membantu penduduk yang tinggal di pedesaan untuk di jadikan sebagai alternatif untuk pengobatan.

Pohon mindi banyak tumbuh di sekitar pemukiman ,ada yang sengaja di tanam untuk pagar atau perindang,daunya kecil tepinya bergerigi,buahnya ketika masih muda berwarna hijau sedangkan setelah matang berwarna kuning,batang pohonya lurus dan pertumbuhanya cepat.

Kayunya juga bisa di manfaatkan untuk mebel atau untuk bahan bangunan,cara penanamanya dengan biji,tanaman ini tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi dan tahan terhadap segala cuaca.

Pada kesempatan ini saya akan mengulas Manfaat Daun Mindi Untuk Obat Tradisional yang telah di gunakan oleh nenek moyang kita sejak dulu untuk pengobatan,dan pada saat ini sudah banyak yang melakukan penelitian dengan laboratorium yang canggih tentang daun mindi,dan ternyata dalam daun mindi terdapat zat,kandungan yang dapat di gunakan untuk pengobatan,seperti alkaloid,minyak astiri dan lain lain.

Manfaat Daun Mindi Untuk Obat Tradisional Hipertensi terbukti mujarab caranya ambil daun mindi secukupnyakira kira 100gr kemudian di rebus dengan air 5 gelas sampai air tersisa 1 gelas lalu di minum 2x pagi sore tiap minum 1/2 gelas,lakukan ini berulang ulang sampai tekanan darah kita normal kembali, sedikit cerita pengalaman pakde saya yang terkena strok sampai tidak bisa berjalan beberapa bulan dengan 'telaten rutin minum rebusan daun mindi ini ahirnya bisa berjalan lagi dan bisa beraktifitas ke sawah lagi,meskipun tidak bisa 100% karena faktor usia (diatas 70th) kalau badanya bisa normal kanan kiri tidak cacat hanya suaranya agak pelo.

Selain untuk mengobati hipertensi daun mindi juga memiliki manfaat lain untuk mengobati gatal gatal/gudig,pada jaman dulu penyakit ini menyebar hampir menimpa pada semua anak anak yang tinggal di pedesaan mungkin karena pemahaman tentang sanitasi dan M C K pada waktu itu belum ada,atau juga faktor ekonomi yang belum mendukung.

Untuk saat ini saya lihat sudah jarang anak anak yang terkena gudig,beda  jauh dengan jaman dulu,kadang orang tuanya sampai pusing,bingung untuk mengobati gudik karena memang bandel penyakit yang satu ini.

Untuk mengobati sakit GUDIG ini caranya ambil daun mindi  secukupnya lebih banyak lebih baik kemudian rebus sampai mendidih beberapa menit sampai air rebusan berwana kuning tambahkan garam dapur 3 sendok teh,lalu campurkan air dingin secukupnya sampai terasa hangat,ramuan ini di gunakan untuk berendam seluruh tubuh,termasuk untuk keramas rambutnya,lakukan cara ini 2x sehari sampai 3hari atau lebih sampai sakitnya betul betul hilang karena kalau tidak sampai tuntas  akan balik lagi.

Demikian pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki dan saya ulas pada kesempatan ini tentang Manfaat Daun Mindi Untuk Obat Tradisional mudah mudahan bermanfaat dan terima kasih atas kunjunganya ke blog ini wassalam.