Sunday, September 28, 2014

Manfaat Daun Dadap Serep Untuk Obat Tradisional



Manfaat Daun Dadap Serep Untuk Obat Tradisional ini sudah sangat terkenal dari jaman dulu,kare mudahnya mendapatkan daun dadap serep ini sehingga banyak di gunakan olek penduduk pedesaan pada waktu itu.

Dadap serep adalah termasuk jenis tanaman tradisional yang terkenal seperti pace daun salam kunyit kencur dll,dengan beraneka manfaat utuk pengobatan tradisional,daun dadap bentuknya menyerupai hati dengan warna hijau muda dan bergaris,batangnya halus dan berduri kecil,dulu sebelum perkampungan padat penduduknya dan belum banyak yang memiliki rumah berdinding batu/tembok hampir seluruh kampung masing masing rumah sebagian  pagarnya menggunakan tanaman ini, sengaja oleh masyarakat di tanam untuk pagar,di samping banyaknya manfaat juga mudah sekali cara menanamnya. 

Di daerah saya pohon dadap serep masih mudah di jumpai,karena memang masih ada sebagian orang memanfaatkan pohon dadap serep ini terutama daunnya untuk itu kali ini saya akan berbagi dengan anda tentang Manfaat Daun Dadap Serep Untuk Obat Tradisional yang bisa menyembuhkan bermacam penyakit,dengan cara yang sangat sederhana seperti sakit perut ,demam,cacingan dan juga bisa untuk melancarkan asi,adapun cara menggunakanya sebagai berikut.

Untuk menurunkan demam pada bayi atau anak anak caranya ambil 1 lembar daun dadap serep yang masih agak muda memudian di plintir plintir,atau di remas tapi usahakan jangansampai sobek setelah itu tempelkan pada jidat /ubun ubun bayi yang demam insa alloh cepat reda demamnya,cara ini yang sering saya lihat namun juga bisa dengan cara lain yaitu ambil daun dadap serep 3 lembar lalu tumbuk sapai halus dan tempelkan pada jidat/ubun ubun.

Untuk melancarkan asi caranya ambil daun dadap serep yang masih muda/pupus daun dadap serep kemudian di bikin sayur bisa di tambah sayuran lain untuk variasinya,tentunya ini di lakukan rutin selama menyusui,bisa di selang seling dengan daun katu,juga sayuran lain.

Bagi seorang ibu yang baru selesai melahirkan(nifas) untuk melancarkan nifasnya ambil daun dadap serep 10 lembar atau lebih/secukupnya kemudian di tumbuk sampai halus lalu balurkan ramuan dadap serep ini pada seluruh perut,untuk mempertahankan agar tidk sepat lepas gunakan gurita.

Untuk mengobati sakit perut/perut mulas caranya sama yaitu ambil daun dadap serep 10 lembar lalu tumbuk sampai halus kemudian balurkan pada sekitar pusar,ulani cara ini 3x atau 4x sehari.

Demikian ulasan saya tentang Manfaat Daun Dadap Serep Untuk Pbat Tradisional,dan terima kasih atas kunjungannya ,mudah mudahan tulisan saya bermanfaat untuk kita semua selamat mencoba.