Tuesday, September 16, 2014

Manfaat Tanaman Kecubung Untuk Obat Tradisional


Manfaat Tanaman Kecebung Untuk Obat Tradisional mungkin bukan hal yang asing bagi kita,namun konotasinya negatif ,biasanya untuk mabuk karena murahnya/dan mudahnya untuk mendapatkan tumbuhan yang satu ini.

Tanaman kecubung  ini termasuk tumbuhan perdu yang bisa tumbuh di berbagai tempat terbuka (liar)terutama di tanah yang cenderung kering seperti pasir atau di pinggir kali,sehingga sangat mudah untuk mencari ataupun untuk menanamnya.

Tanaman Kecubung ini banyak tumbuh di pedesaan yang masih banyak lahan kosong terutama di jawa tengah.

Akan tetapi pada kesempatan kali ini kita akan membahas nilai positifnya Manfaat Tanaman Kecubung Untuk Obat Tradisional,untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Dalam tumbuhan ini(kecubung)bayak sekali zat yang bisa untuk pengobatan yang terkandung dalam akar,daun,batang dan buahnya,namun karena tumbuhan ini memang sifatnya bisa meracuni dan membius di sarankan hanya untuk pengobatan luar saja,dan pada kesempatan kali ini akan saya ulas apa saja Manfaat Tanaman Kecubung Untuk Obat Tradisional dengan tidak mengesampingkan efek sampingnya yang negatif.


Untuk mengobati bisul/wudun ambil 5 lembar daun kecubung kemudian tumbuk sampai halus dan tempelkan pada bisul tersebut agar bisul cepat matang dan pecah.

Apabila terkena eksim cara pengobatanya adalah ambil daun kecubung 5 lembar kemudian di tumbuk hingga halus lalu panaskan di atas api setelah hangat tempelkan ramuan tadi pada kulit yang terkena eksim,ulangi cara ini 2x sehari pagi sore.

Bunga dan daun kecubung juga bisa untuk mengobati reumatik caranya bunga dan daun kecubung di tambah bawang merah dan jahe secukupnya kemudian di tumbuk sampai halus lalu oleskan pada bagian yang sakit.

Pada zaman dulu karena sedikitnya informasi juga pengetahuan tentang kesehatan daun kecubung juga di gunakan untuk menenangkan bayi/anak kecil yang rewel dengan cara daun kecubung di tumbuk sampai halus kemudian di tempelkan pada ubun ubun anak tersebut dan tidak lama kemudian anak tersebut tertidur,NAMUN MENURUT HEMAT SAYA INI TIDAK DI GUNAKAN KARENA ANAK TERSEBUT TERTIDUR BUKAN KARENA SEMBUH DARI SAKITNYA MELAINKAN HANYA TERBIUS SAJA,INGAT ...INGAT...

Industri farmasi juga banyak yang mengolah tumbuhan ini namun tentunya dengan standart kesehatan untuk meminimalisir efek samping yang di timbulkan sedangkan Manfaat Kecubung Untuk Obat Tradisional tanpa melalui tahapan dan uji klinis sehingga harus ekstra hati hati dalam penggunaanya.

Terimakasih atas kunjunganya mudah mudahan Ulasan saya tentang Manfaat Tanaman Kecubung Untuk Obat Tradisional ini bermanfaat bagi kita semua wassalam.