Wednesday, October 22, 2014

Tips Kesehatan Manfat Buah Dan Daun Kepel Untuk pengharum tubuh/deodorant

Tips Kesehatan Manfaat Buah Dan Daun Kepel Untuk Pengharum Tubuh/Deodoran adalah warisan leluhur ,yang cukup unik dan menarik untuk kita ulas,meskipun sudah pernah kita dengar.

Pohon Kepel termasuk tanaman yang sudah langka di indonesia bahkan semakin berkurang dengan berkembangnya pemukiman,sehingga banyak pohon kepel yang di tebangi.

Di samping itu mungkin juga karena penanamannya /pembudidayaan Pohon Kepel yang tergolong sulit, juga kurangnya peminat /penggemar buah kepel ini,di lingkungan sekitar saya masih ada beberapa Pohon Kepel ini yang perkiraan saya umurnya sudah cukup tua karena ketika saya kecil sekitar tahun 1980 pohon ini sudah besar dan tinggi,bahkan orang tua saya ketika sekolah SR pohon ini juga sudah ada di belakang sekalah.

Di samping penanaman yang tergolong sulit konon di Kraton Jogjakarta Buah Kepel ini merupakan merupakan buah kesukaan para puteri keraton sehingga jarang sekali orang yang mau menanam.atau ada mitos tidak boleh orang sembarangan menanam buah kepel ini.

Pohon kepel ini buahnya tumbuh dari batang pohon maupun batang ranting seperti terlihat pada gambar di samping,bukan pada ujung ranting seperti kebanyakan buah buahan lainya.

Untuk melestarikan Pohon Kepel ini agar jangan sampai punah sudah ada yang membudi dayakan yaitu TMII dan kebun raya bogor,andapun bisa turut menjaga melestarikan pahon kepel ini dengan cara menanam di halaman/pekarangan rumah karena pohon ini tumbuh tegak dan tidak terlalu memakan tempat.


Pada kesempatan ini saya akan mengulas Tips Kesehatan Manfaat Buah Dan Daun Kepel Untuk Mengharumkan Badan Dan Bau Mulut dengan harumnya buah kepel serta mengatasi/menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam darah.

Buah kepel ini dengan aromanya yang harum ketika di konsumsi sisa sisa dari proses metabolisme tubuh seperti urin/air seni dan keringat juga akan sedikit harum dari sisa sisa sari buah kepel tadi,makanya buah ini di sukai para puteri keraton sebagi pengharum tubuh /deodoran alami,juga pengharum bau mulut.

Selain sebagai deodoran alami Buah Kepel juga bisa sebagai peluruh air seni sehingga  bisa untuk membersihkan ginjal dari batu ginjal,juga mampu membersihkan darah dari toksin.

Adapun Manfaat Daun Kepel adalah untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah juga menurunkan kolesterol darah caranya cukup muda yaitu ;ambil daun kepel yang masih muda yang warnanya masih merah muda kemudian di iris tipis tipis dan langsung di makan sebagai lalapan,atau di bikin urap,atau juga bisa di bikin sayur dengan sayuran yang lain,atau bisa dengan cara merebus daun kepel yang tidak terlalu muda atau tua(yang seger) tambahkan 2 gelasair untuk merebusnya dan di sisakan 1 gelas lalu di minum air rebusa daun kepel tadi.

Untuk Menanam Pohon Kepel ini dengan biji dari buah kepel yang sudah benar benar tua dan matang,kalau di belah daging dari buah kepel ini warnanya coklat namun ketika masih muda warnanya agak kekuningan.

Untuk menemukan Buah Kepel ini di daerah sekitar saya masih agak mudah,kalau di kampung saya sudah tidak ada namun kampung tetanga masih ada beberapa batang pohon kepel ini.

Demikian ulasan Tentang Tips Kesehatan Manfaat Buah Dan Daun Kepel untuk menngharumkan bau badan,dan daunya untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam darah,mudah mudahan bermanfaat dan terima kasih.