Tuesday, October 7, 2014

Manfaat Kembang Turi Dan Daunnya Untuk Obat Tradisional

Manfaat Kembang Turi Dan Daunnya Untuk Obat Tradisional yang bisa untuk mengobati berbagai penyakit,yang murah juga mudah,kembang turi ada 2 macam merah dan putih akan tetapi kasiyat dan kegunaanya sama.

Kembang turi banyak di manfaatkan oleh petani sebagai perindang di pematang sawah,juga di manfaatkan daunya untuk pupuk organik,namun dengar kemajuan teknologi para petani mengandalkan pupuk kimia sebagai penyubur tanahnya,meskipun banyak efek negatif dari pupuk kimia juga tidak baik bagi kesuburan tanah tersebut,

Selain untuk tanaman perindang daun pohon turi juga sering di gunakan untuk membuat lalapan pada saat mau mulai memetik hasil panenya terutama tanaman padi WIWIT dalam bahasa jawa artinya memulai dengan mitos yang kental di dalamnya.

Namun pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang Manfaat Kembang Turi Dan Daunnya Untuk Obat Tradisional yang bisa di gunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit antara lain,mengobati pegal linu,melancarkan asi,meredakan demam,keputihan,radang tenggorokan,dan sariawan,adapun caranya sebagai berikut;


Untuk mengobati pegal linu caranya ambil kembang/bunga turi kalau bisa yang berwarna merah kemudian di tumbuk sampai halus kemudian di oleskan pada bagian tubuh yang pegal pegal.

Untuk melancarkan asi ambil bunga turi putih kemudian di rebus dan di makan sebagai lalapan matang,atau bisa juga di bikin urap dengan bumbu parutan kelapa muda,rasanya sedikit agak pahit,namun lebih besar manfaatnya di banding rasa pahit yang sedikit.

Untuk meredakan demam anak anak caranya ambil daun turi satu ganggam atau secukupnya tambahkan air 2 gelas lalu di rebus sampai mendidih kemudian airnya di saring dan di minum 3x sehari 1/2 gelas.

Untuk mengobati keputihan juga menggunakan daun turi caranya ambil daun turi 1 genggam tambahkan kunir sebesar ibu jari tambahkan air 1 gelas kemudian di tumbuk sampai halus/bisa menggunakan blender kemudian di rebus sampai mendidih,setelah itu di saring dan di minum airnya 2x sehari 1gelas.

Sebagai ahir dari artikel saya kali ini saya akan kutip sebuah tembang/gending/lagu yang bertemakan kembang turi yang tinggi filosofinya ;KEMBANG TURI TAK MELOK MELOK -SEGO WADANG SISANE SORE-RA PERDULI WONG ALOK ALOK SANDANG PANGAN TAK GOLEK DEWE. artinya tidak perduli orang bilang apa pakaian dan makan saya mencari sendiri.

Tembang ini sering di lagukan para petani sambil duduk di gubuk menunggu padi agar tidak di makan burung,makna lagu ini untuk membesarkan hatinya dengan usaha kerasnya apapun hasilnya dan apapun perkataan orang lain atas dirinya akan di terima dengan lapang dada,dan tidak akan pernah menyerah atau putus asa.

Kiranya ini saja artikel saya kali ini tentang Manfaat Kembang Turi Dan Daunya Untuk Obat Tradisional mudah mudahan bermanfaat dan terima kasih