Monday, August 25, 2014

Resep Obat Tradisional "Luka Baru"


Obat Tradisional Luka Baru,disini akan kami ulas secara singkat tentang beberapa tanaman yang bisa di gunakan untuk obat" luka baru".Banyak sekali tanaman yang ada di sekitar kita yang bisa di jadikan obat tradisional,asal usul penemuan resep resep tradisonal juga tidak begitu jelas sifatnya hanya turun temurun dari nenek moyang kita,sebab pada zaman itu informasi tidak seperti sekarang,teknologi juga belum ada,terutama teknologi kedokteran juga belum secanggih sekarang.

Untuk menyembuhkan orang sakit mungkin awalnya coba coba dengan tanaman yang ada disekitarnya,ketika sembuh terus informasi tersebar dari mulut ke mulut.

Untuk pengobatan luka baru bisa menggunakan tumbuhan yang ada di sekitar kita yaitu daun urang aring seperti terlihat pada foto di samping ini,daun mlanding,daun lidah buaya dan daun sirih,kita gunakan yang paling mudah di temukan di sekitar kita di antara tumbuhan yang saya sebutkan di atas.

Pada saat ini pengobatan tradisional sudah di dukung dengan teknologi canggih,banyak klinik klinik herbal tersebar di seluruh pelosok dunia mungkin kalau di lihat saat ini banyak yang aneh aneh,akan tetapi apa yang di butuhkan orang sakit?? kesembuhan bukan??entah itu Sugesti atau kebetulan ada zat/nutrisi yang di butuhkan bagi orang yang sakit pokoknya sakitnya bisa sembuh dan tidak kambuh kambuh lagi,ini sekedar membuka pemikiran kita tentang Obat Tradisional.

Memang tidak semua bisa di obati dengan herbal,kalau sakit yang gawat darurat yang berakibat fatal ya harus medis yang menangani selanjutnya baru untuk pemulihan dengan Obat Tradisional.                                        
Caranya adalah sebagai berikut
Untuk luka baru potong daun lidah buaya dengan tangan,jangan pakai pisau agar lendir yang keluar lebih banyak,kemudian oleskan pada tempat yang luka,bisa juga untuk luka bakar caranya sama.

Sedikit pengalaman saya 'pada waktu itu anak saya membeli bakwan kawi trus di bawa pulang lalu di taruh di dekat adiknya yang masih bayi lalu nempel ke pipi adiknya spontan langsung nangis tidak berhenti dan saya lihat pipinya merah terkena kuah bakwan kawi yang baru di ambil dari tungku langsung saya potongkan daun lidah buaya terus lendirnya saya oleskan dan langsung berhenti nangisnya dan sore harinya saya lihat pipinya sudah tidak merah lagi,alhamdulillah tidak melepuh'

Daun Urang aring juga bisa untuk mengobati luka baru, tumbuhan ini biasanya tumbuh di tepi saluran irigasi di sawahsawah yang tanahnya cenderung basah daunya kecil seperti terlihat pada foto paling atas , caranya ,ambil daun orang aring lalu di remas remas jangan di tambah air lalu tempelkan pada luka,tapi ini perih luar biasa jadi untuk anak anak baiknya pakai daun lidah buaya saja                                                                                              
Untuk daun mlanding caranya agak berbeda yaitu petik daun mlanding yang paling muda(pupus mlanding)bahasa jawa lalu di kunyah sampai halus kemudian tempelkan pada luka.

Daun mlanding bentuknyamirip seperti lamtoro cuma lebih kecil seperti terlihat pada foto di samping ini.

Daun Sirih juga bisa digunakan sebagai Obat Tradisional "Luka Baru"caranya juga mudah ambil daun sirih jangan terlalu tua lalu di remas atau di tumbuk juga bisa,jangan di tambah air,kemudian tempelkan daun sirih yang sudah di remas pada luka.

Untuk daun    sirih sebaiknya juga jangan di berikan pada anak anak,karena juga perih sekali seperti daun urang aring di atas,daun sirih juga bisa untuk luka lama untuk obat kompres,caranya  ambil daun sirih secukupnya lalu di rebus tambahkan garam dapur 1 sendok teh untuk air 1ltr,air rebusan daun sirih tadi di pakai untuk mengompres luka lama sebagai obat anti septik,

Sekian dulu artikel saya kali ini tentang Obat Tradisional Luka Baru mudah mudahan bermanfaat dan selamat mencoba semoga kita selalu di beri kesehatan  TERIMAKASIH