Thursday, August 28, 2014

Resep Obat Tradisional Daun Pegagan

Obat Tradisional Daun Pegagan atau tapak kuda mudah kita jumpai di pinggir saluran irigasi,di pematang sawah,habitatnya memang di tanah yang basah,daunya yang hijau segar menyerupai tapak kuda degan rasa yang tawar ada rasa mnisnya sedikit sehingga mudah di konsumsi baik orang dewasa maupun anak anak.

Daun pegagan bisa di konsumsi langsung sebagai lalapan,atau bisa di campur dengan sayur,bisa juga di jadikan teh pegagan dengan cara di keringkan.

Apabila anda bertempat tinggal di kota yang agak susah mencari daun pegagan,anda bisa membeli di pasar yang sudah kering.

Obat Tradisional Daun Pegagan banyak sekali manfaatnya antara lain ;untuk melancarkan peredaran darah,mengatasi gangguan saraf,obat penyakit kulit,juga untuk menurunkan takanan darah.

Pegagan oleh masyarakat jawa barat sudah biasa di jadikan lalapan terutama masyarakan yang tinggal di daerah persawahan,daun pegagan ini dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap sehingga bisa untuk melancarkan sirkulasi darah,bisa mencegah timbulnya varises mencegah salah urat dll.



Pegagan juga bisa di gunakan untuk mengatasi gangguan saraf, tentu yang sifatnya ringan ,misalnya stres lalu susah tidur,susah berkonsentrasi,karena memang sifatnya pegagan mendinginkan menurunkan panas,apa bila anda memiliki anak yang masih sekolah dan susah berkonsentrasi coba anda berikan daun pegagan ini,untuk meningkatkan memorinya/konsentrasinya.

Yang penting dan perlu di ingat bahwa Obat Tradisional apapun itu reaksi rata rata tidak secepat kimia meskipun ada obat tradisional yang sifatnya spontan/langsung terasa manfaatnya contohnya artikel saya terdahulu,untuk penyembuhan gigi itu hampir 90% lebih efek kesembuhan langsung terasa,namun untuk pegagan ini sama dengan kebanyakan Obat Tradisional lainnya,jadi jangan berharap minum sekali langsung pinter,jadi harus sabar ,di konsumsi terus menerus,karena daun pegagan ini hanya seperti sayuran pada umumnya jadi aman di konsumsi tiap hari.


Daun pegagan juga bisa untuk menyembuhkan penyakit kulit caranya tumbuk daun pegagan hingga halus lalu oleskan pada tempat yang sakit,karena pegagan juga memiliki sifat antibakteri,bisa juga untuk mengambat tumbuhnya jaringan bekas luka yang mengakibatkan keloit,untuk obat luka baru/lama juga sangat baik.


Obat Tradisional Daun Pegagan ini juga bisa di manfaatkan untuk menurunkan tekanan darah,dengan cara di konsumsi lngsung sebagai lalapan,bisa di keringkan jadi teh,proses penurunan tekanan darah menggunakan daun pegagan ini tidak terlalu cepat/drastis sehingga cocok di gunakan untuk menurunkan tekanan darah pada usia lanjut.

Hipertensi adalah penyakit yang masih menjadi momok sampai saat ini dengan banyaknya jumlah penderita yang hampir tidak mengenal usia,seingat saya dulu orang yang terkena hiperensi hanya orang yang sudah lanjut usua tapi ternyata sekarang berbeda,pemuda berusia 30an sudah banyak yang terkena hipertensi yang ujung ujungnya strok.

Hal ini terjadi rata rata di sebabkan pola makan yang tidak sehat/tidak seimbang,suka makan yang enak enak yang berkolesterol tinggi meskipun sudah sama tahu akibatnya.

Untuk itu anda yang ingin terhindar dari hipertensi harus membiasakan pola makan seimbang,dan jangan lupa mengkonsumsi daun pegagan setiap hari,karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Terimakasih atas kesediaanya sobat sobatku semua membaca artikel kami  mengenai Obat Tradisional Daun Pegagan semoga selalu di beri kesehatan,dan selamat mencoba.