Monday, August 25, 2014

Obat Tradisional Alat penumbuk Jamu


Untuk menumbuk/menghaluskan Obat Tradisional pada zaman dulu menggunakan 2 buah batu berbentuk  persegi panjang dengan, panjang 40cm dan lebar 20cm ,yang satu berbentuk bulat panjang, yang rata/persegi panjang namanya "pipisan"dalam bahasa jawa menumbuk jamu adalah 'mipis jamu"dan yang satunya lagi adalah batu yang berbentuk bulat panjang yang di sebut gandik.

Sejak dulu waktu saya masih anak anak alat ini sudah ada,dan ketika saya sakit atau adik saya sakit sering di buatkan obat tradisional yang berupa jamu menggunakan alat ini,baik yang bahanya dari dedaunan,biji bijian dan umbi umbian.

Saya juga tidak tahu dari mana asal usul Alat Untuk Penumbuk Jamu/obat Tradisional ini,juga tidak tahu bagaimana cara membuatnya karena pada waktu itu di Indonesia belum ada teknologi seperti saat ini.yang jelas alat ini terbuat dari batu kali kualitas bagus,batu kali yang keras karena di pakai untuk kegiatan yang sifatnya bergesekan,kalau bahannya tidak keras akan cepat terkikis dan habis

Pada waktu saya masih kecil sekitar tahun 80 an ketika sakit oleh Ibu saya di buatkan Obat Tradisional/Jamu menggunakan alat Penumbuk Jamu/Obat Tradisional ini.

Sebenarnya pada waktu itu orang tua saya sudah mengenal dan memanfaatkan fasilitas kesehatnan dari pemerintah,semua anak anak ibu saya proses kelahiranya di Puskesmas termasuk saya,padahal waktu itu 80% kelahiran di tangani dukun bayi tidak seperti sekarang.

Ini sebagai gambaran saja tentang Obat Tradisional Alat Penumbuk Jamu yang sangat bermanfaat pada jaman itu,dan sangat membantu masyarakat pada waktu itu terutama masalah kesehatan,mengingat masyarakat pada waktu itu yang serba kurang tidak seperti sekarang,

Yang berbentuk bulat panjang adalah gandik dan yang persegi panjang adalah pipisan sebagai landasan untuk menumbuk,caranya ketika bahan ramuan masih utuh di tumbuk dengan ujung gandik,setelah agak halus di gulung gulung dengan badan gandik tersebut.

Alat ini sudah lama tidak kami gunakan karena sekarang sudah banyak alat untuk melumatkan dan menghaluskan sesuatu misalnya blender yang hampir semua rumah tangga memiliki alat ini,namun kalau kita rasakan dengan seksama,ramuan Obat tradisional dengan cara di tumbuk menggunakan alat tradisional ini dengan yang di blender sedikit berbeda,kemudian zat atau sari yang terkandung dalam bahan ramuan obat tradisional ini lebih maksimal jika di tumbuk dengan Alat Penumbuk Jamu/ Obat Tradisional,hasilnya lebih halus.

Rasanya juga lebih alami di bandingkan dengan cara di blender,tapi ini sekedar berbagi saja karena apa bila kita mau meramu Obat Tradisional dengan menggunakan alat ini memakan waktu lebih lama sedikit,jadi pakai blender saja tidak masalah.

Bagaimana sobat?bapak bapak ibu ibu mas mas mbak mbak adik adik ada yang memiliki alat semacam ini,alat pipisan ini yang sering saya jumpai di jawa  kususnya jawa tengah,untuk daerah lain mungkin berbeda bentuknya,terima kasih atas perhatiannya semoga kita tetap di beri kesehatan.

Demikian Obat Tradisional Alat Penumbuk Jamu/Obat Tradisional mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua wassalam.