Friday, November 21, 2014

Resep Obat Tradisional Dengan Bahan Bunga Melati


Bunga Melati memang cukup terkenal/populer sejak jaman dulu kala sehingga sangat mudah kita untuk menemukan/mendapatkan bunga yang satu ini karena tidak sedikit orang yang menanamnya untuk penghias halaman rumahnya.

Bunga ini di gemari karena penanamanya yang tidak terlalu sulit begitu pula perawatanya tergolong mudah,daunya yang tidak mudah layu,dengan bunga yang kecil dan cantik terutama yang paling melekat pada bunga melati adalah aroma harumnya yang sangat populer yang sering di jadikan untuk aroma teraphi kesehatan.

Di balik ketenaran dan popularitas bunga melati ternyata banyak yang belum mengetahui bahwa bunga melati juga memiliki manfaat lain yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan/mengobati berbagai penyakit seperti obat sakit kepala,obat sesak napas,obat terkena gigitan serangga atau sengatan lebah,obat sakit mata ringan.

Dengan kandungan kimia yang di miliki bunga melati maka bunga melati juga bisa di jadikan sebagai bahan obat alternatif/obat tradisional adapun cara meramunya sebagai berikut;

Untuk mengobati sakit kepala ;ambil 10 kuntum bunga melati dan daun secukupnya kemudian di remas remas di dalam wadah berisi air,kemudian air remasan bunga melati dan daunya untuk mengompres dahi seperti mengompres untuk menurunkan panas,ulangi cara ini beberapa kali.

Untuk mengobati sesak napas;ambil daun melati 20 lembar lalu di rebus dengan air 3 gelas biarkan mendidih sampai air tersisa 2 gelas kemudian stelah dingin atau hangat air rebisan daun melati di minum 2x sehari 1gelas,lakukan cara ini beberapa hari agar lebih maksimal hasilnya.

Untuk mengobati sengatan lebah/sengatan kala jengking atau gigitan seranga cukup mudah caranya yaitu; ambil bunga melati kemudian di remas remas sambil di oleskan pada tempat yang terkena sengatan lebah sambil di urut urut insa alloh cepat sembuh.

Untuk mengobati sakit mata ringan seperti iritasi karena debu,terlalu capek karena bergadang intiny sakit mata yang sifatnya ringan caranya;ambil daun bunga melati secukupnya kemudian di tumbuk sampai halus lalu tempelkan ramuan tadi pada pelipis,setelah ramuan kering ganti dengan yang baru dan di ulang ulang sampai mata terasa enak/sembuh.

Demikian ulasan singkat saya tentang Resep  Obat Tradisional Bahan Bunga Melati mudah mudahan bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang beraneka ragam obat tradisional yang di miliki oleh bangsa kita sejak nenek moyang kita dulu.dan bunga melati tidak hanya untuk memanjakan mata kita namun ada nilai tambahnya yaitu untuk obat tradisional terima kasih wassalam.