Saturday, November 15, 2014

Manfaat Kecambah/Toge/Tokolan Untuk kesehatan

Kecambah atau toge dan dalam bahasa jawa tokolan sangat akrab menghiasi beberapa makanan khas indonesia seperti, pecel, soto, lotek ,terancam dll,namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa manfaat kecambah sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita terutama kecambah kacang hijau.

Saya akan mengulas seberapa banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang di miliki kecambah serta apa saja manfaat yang bisa membantu kesehatan bagi tubuh kita,jadi kita bisa benar benar mengerti tentang manfaat kecambah,bukan hanya sekedar penghias/pelengkap hidangan saja.

Kecambah/toge/tokolan memiliki kandungan vitamin A,vitamin B,vitamin C,vitamin E juga memiliki kandungan mineral seperti phosfor, asam folat,seng,kalium ,potasium,zat besi dan masih banyak lagi yang semua itu sangat di butuhkan bagi kesehatan tubuh kita.

Meskipun kecambah berasal dari bijih bijihan karena sudah melalui proses,dan proses pembentukan kecambah terjadi pembentukan asam amino esensial yang menyusun protein sehingga gizi dan nutrisi yang di miliki kecambah lebih tinggi 19% dari pada bijih asalnya.


Dengan nutrisi dan mineral yang di milikinya kecambah/toge bermanfaat untuk kesehan kulit kepala sehingga mencegah/meminimalisir rambut dari kebotakan,juga dapat menghambat rambut beruban karena saat ini bnyak sekali orang yang usianya masih muda tapi sudah mulai beruban insa alloh dengan rajin mengkonsumsi kecambah dapat menghambat uban.

Kecambah juga memiliki kandungan plafonoid yang cukup tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas sehingga bisa menghambat penuaan,dan menjaga kesehatan kulit kita.

Yang sangat populer dan di ketahui kebanyakan orang adalah toge/kecambah memiliki kandungan vitamin E yang dapat meningkatkan kesuburan baik bagi pria maupun wanita .

Kandungan saponin yang terdapat  pada toge/kecambah mampu menghancurkan lemak jahat dalam darah sehingga kita akan terhindar dari serangan jantung,tentu apa bila di konsumsi secara rutin .

Kecambah juga memiliki serat dan air yang cukup tinggi sehingga dapat membantu proses pembersihan usus besar di mana terjdinya penumpukan racun dan dan zat zat kimia yang tidk di btuhkan oleh tubuh,dengan demikian juga akan mengurangi resiko terjadinya kanker.

Kecambah apa bila di konsumsi secara rutin dapat mengurangi resiko osteoporosis karena kecambah memiliki kandungan estrogen yang dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Manfaat kecambah/toge untuk kesehatan akan lebih maksimal bila di konsumsi dalam keadaan mentah karena kalau terkena panas kandungan nutrisinya akan jauh berkurang,dan demikian ulasan dari saya tentang manfaat kecambah untuk kesehatan mudah mudahan bermanfaat selamat mencoba terima kasih.