Monday, December 8, 2014

Manfaat Laos/Lengkuas Untuk Obat Tradisional Panu Dan beberapa Penyakit

Laos/Lengkuas sangat populer di indonesia sampai sampai hampir semua dapur rumah tangga menyimpan laos untuk resep masakan,karena memang banyak sekali resep masakan yang menggunakan bahan tambah laos untuk bumbunya.

Jenis laos yang kita kenal ada 2 macam yaitu laos putih karena dagingnya berwarna putih dan laos merah karena dagingnya berwarna merah,laos putih sebagai bahan bumbu dapur meskipun kasiyatnya juga hampir sama dengan yang merah,sedangkan yang paling sering di gunakan untuk pengobatan adalah laos merah.

Sejak jaman dulu nenek moyang kita sudah memanfaatkan laos sebagai obat tradisional, laos juga banyak di tanam oleh nenek moyang kita sebagai mana jahe kunir puyang dll sebagai tanaman obat di pekarangan rumah mengingat manfaatnya untuk kesehatan banyak sekali.

Dengan berbagai kandungan kimia yang di miliki, laos/lengkuas dapat di jadikan obat tradisional untuk berbagai penyakit seperti di bawah ini;


Manfaat laos yang paling terkenal adalah untuk mengobati Panu/ jamur kulit adapun caranya sangat mudah yaitu; ambil laos merah kalau tidak ada laos putih juga bisa kemudian di potong jadi 2 atau 3 bagian kemudian bekas potongan tadi di gosok gosokkan pada kulit yang terkena panu sehari 2x pagi sore,ada juga dengan cara di parut lalu parutan laos tadi di gosok gosokkan pada kulit yang terkena panu.

Untuk mengobati sakit limpa caranya ambil laos sepotong kira kira 2k ibu jari tambahkan temu lawak sepotong sebesar 3x ibu jari tambahkan juga daun meniran 1 genggam kemudian ke 3 bahan tadi di rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tunggu sampai dingin lalu minum 2x sehari 1/2 gelas.

Ramuan untuk mengobati limpa di atas juga bisa di gunakan untuk menambah nafsu makan hanya dosisnya di tambah yaitu 3x sehari 1/2 gelas.

Dan masih banyak lagi manfaat laos/lengkuas terutama untuk kesehatan kulit karena banyaknya anti oksidan yang terkandung dalam laos/lengkuas,dengan menambahkan laos sebagai bahan tambahan dalam bumbu masak berati secara tidak langsung kita mengkonsumsi laos sehingga kita juga sudah bisa mendapatkan manfaat dari laos meskipun hanya sedikit.

Demikian ulasan kami tentang manfaat laos/lengkuas untuk kesehatan kulit dan berbagai penyakit mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua terima kasih.