Thursday, December 4, 2014

Manfaat bunga Wijaya Kusuma Untuk Obat Tradisional

Wijaya kusuma adalah nama bunga yang cukup unik dan menarik untuk kita ulas pada kesempatan kali ini,bentuk daunya yang unik menyerupai kaktus namun tipis dan pertumbuhan daun berikutnya muncul dari lekuk lekuk daun,begitu pula bunganya juga muncul dari lekukan lekukan daun.

Namanya memng sangat elegan sehingga nama wijaya kusuma juga di pakai beberapa nama bangsal rumah sakit kelas vip,namun tidak sekedar namanya saja yang elegan bunganyapun menurut saya juga sangat cantik besar meskipun batangnya kecil sehingga kadang batang sampai mentiung karena keberatan menopang bunga wijaya kusuma ini.

Di samping itu bunga wijaya kusuma juga memiliki keunikan yang lain,bunga ini hanya mekar sebentar pada tengah malam kemudian kembali menutup lagi sedikit demi sedikit sampai menjelang fajar,kalau kita kurang memperhatikan mungkin tidak suka menanam bunga ini seperti pengalaman istri saya,menanam bunga wijaya kusuma ini berbunganya saja hanya setahun sekali di tungguin dari kuncup kecil sampai berhari hari berminggu minggu tapi belum pernah melihat bunganya mekar tahu tahu sudah layu,ternyata mekarnya hanya sebentar pas tengah malam saja.


Dengan keunikan yang di miliki oleh bunga wijaya kusuma sehingga banyak orang jawa pada kususnya menganggap bahwa bunga ini memiliki mitos yang tinggi sehingga banyak orang yang suka menanamnya untuk hiasan rumahnya.

Di balik keunikan bunga wijaya kusuma ini ternyata juga banyak manfaat yang bisa kita ambil untuk keperluan pengobatan tradisional berdasarkan cerita dari nenek moyang kita,karena secara ilmiah belum banyak yang melakukan penelitian tentang bunga wijaya kusuma ini,adapun manfaat bunga wijaya kusuma untuk obat tradisional antara lain sebagai berikut;

Untuk mengobati sesak napas ambil bunga wijaya kusuma 3 kuntum kemudian  di potong potong tambahkan gula batu secukupnya lalu di rebus dengan air 2 gelas sampai mendidih,diamkan bebewrapa saat sampai dingin kemudian di minum 2x sehari 1/2 gelas.

Unuk mengobati luka caranya ;ambil daun bunga wijaya kusuma 1 lembar kemudian di tumbuk sampai halus jngan di tambah air,kemudian di gunakan untuk membalut luka dengan di ikat pakai kain/perban.

Untuk mengobati batuk berdahak campur darah caranya ;ambil bunga wijaya kusuma 5 kuntum lalu potong potong dan di rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih sampai beberapa menit hingga air tinggal 1 gelas kemudian tambahkan gula aren secukupnya lalu di minum 2x sehari 1/2 gelas.

Untuk perdarahan rahim/wanita nifas caranya ambil 3 kuntum bunga wijaya kusuma potong potong dan tambahkan daging ayam 50gr masukkan ke dalam mangkuk tambahkan air sampai semua bahan terendam kemudian di tim,setelah matang di saring airnya di minum 2x sehari.

Demikian ulasan kami tentang Manfaat bunga wijaya kusuma untuk Obat Tradisional mudah mudahan bermanfaat untuk kita semua terima kasih.